Kenali Gejala Penyakit Jantung Anda Sejak Dini Sebelum Terlambat

Kenali Gejala Penyakit Jantung Anda Sejak Dini Sebelum Terlambat

710
0
BAGIKAN KE
gejala penyakit jantung koroner
gejala penyakit jantung koroner

Kenali Gejala Penyakit Jantung Anda Sebelum Terlambat

Serangan jantung dan penyakit jantung dianggap orang awam sebagai gangguan kesehatan yang sama. Sebenarnya dalam dunia medis kedua masalah tersebut berbeda. Serangan jantung adalah penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol yang menumpuk sehingga pembuluh yang bertugas mengedarkan sari makanan dan oksigen terhambat. Serangan jantung menjadi sangat berbahaya karena kebanyakan serangan jantung berujung pada kematian. Adapun yang dimaksud penyakit jantung ialah disfungsi atau ketidakmampuan jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh. Meskipun begitu, penyakit jantung tidak boleh dianggap remeh. Di Amerika Serikat, penyakit jantung koroner menjadi Pembunuh No 1. Dan parahnya tidak semua menyadari gejala penyakit jantung koroner tersebut.

Jika seseorang menderita penyakit tertentu akan ada gejala yang timbul termasuk dalam penyakit jantung. Namun, gejala penyakit ini memang cukup sulit dikenali. Berbagai penelitian dilakukan untuk bisa mengenali ciri awal seseorang terkena penyakit jantung. Dengan adanya penelitian yang mengungkap gejala penyakit jantung koroner, diharapkan masyarakat lebih waspada. Gejala yang timbul pada setiap individu berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut tergantung pada jenis penyakit jantung yang diderita. Berikut 6 gejala yang umum dialami oleh penderita penyakit jantung.

  1. Mudah lelah

Seperti pada gejala anemia, gejala penyakit jantung koroner salah satunya adalah mudah lelah. Karena ketidak tahuan, mungkin calon penderita mengira tubuhnya hanya kelelahan biasa atau kurang istirahat. Namun jika kelelahan yang anda alami terasa akut, kemungkinan besar gejala serangan jantung. Ada cara sederhana untuk mengenali apakah rasa lelah anda biasa atau berkaitan dengan kesehatan jantung. Pertama, coba kurangi waktu kerja anda jika masih kurang berhasil kurangi beban pekerjaan anda. Apabila masih merasa kelelahan, istirahat total selama beberapa hari. Dan bila masih belum reda segera hubungi dokter.

  1. Cemas

Biasanya orang yang mengalami serangan jantung akan merasa trauma sehingga sering tegang, ketakutan, dan cemas. Rasa cemas inilah yang harus dihindari karena dapat memicu serangan kembali. Disarankan agar anda mencari ketenangan seperti liburan untuk menghilangkan rasa cemas.