Masinis Kereta Api Indonesia Belajar ke China

Masinis Kereta Api Indonesia Belajar ke China

915
0
BAGIKAN KE
Masinis Kereta Api Indonesia Belajar ke China

Masinis Kereta Api Indonesia Belajar ke China

Operasi kereta cepat Jakarta-Bandung akan ditangani para masinis Indonesia. Tapi, untuk mengoperasi kereta canggih ini para masinis akan ditraining khusus di Tiongkok.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Eddy Sukmoro mengaku akan mengirim beberapa masinis untuk belajar ke negeri tirai bambu.  Supaya orang Indonesia tak akan  bergantung pada asing khususnya dari Tiongkok.

Masinis Kereta Api Indonesia Belajar ke China

Hal ini juga sesuai dengan amanat Peraturan Presiden No 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat antara Jakarta-Bandung. Tujuan peraturan ini untuk mengoptimalkan lokal konten.

“Kami akan kirim orang-orang kita keTiongkok untuk belajar. Mungkin bisa sampai sebulan di sana. Terus terang ini adalah teknologi baru yang butuh skill khusus,” ujar Dia, Jumat (16/10)

Senada diutarakan Chairman PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) Sahala Lumban Gaol.  Operasi kereta cepat akan dioperasi masinis Indonesia. Sementara untuk tenaga asing utamanya dari Tiongkok dibutuhkan untuk tangani slot-slot khusus yang sulit orang Indonesia melakukannya.

“Masinisnya harus orang Indonesia seperti amanat undang-undang. Mereka (konsorsium Tiongkok) siap menyelenggarakan training. Jadi anak-anak muda yang ingin partisipasi di sini akan kita hire atau yang sudah ada akan kita hire nanti untuk dididik di sana,” tegas staf khusus menteri BUMN itu.

Menurut dia, dari dokumen feasibility kereta api cepat ini berbeda jauh dengan kereta api yang selama ini ada di Indonesia. Sehingga tingkat kesulitan dan juga kompleksitasnya cukup tinggi. 

“Teknologi high speed railway ini memang hebat. Tidak perlu nunggu setengah jam untuk berhenti, ini hanya butuh 3 menit. Jadi tidak seperti dari 250 km/jam baru turun ke 100 km/jam baru 50 km/jam terus berhenti. Enggak kaya gitu. Dia bisa naiknya cepat dan turunnya juga cepat,” tandas dia. (hyt/JPG)(jawapos.com)