Kereta Api Cepat Di Padang Segera Rilis

Kereta Api Cepat Di Padang Segera Rilis

1063
0
BAGIKAN KE
Kereta Api Cepat

Kereta Api Cepat Di Padang Segera Rilis

Kereta api cepat (rail bus) akan melayani penumpang dari Padang menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mulai beroperasi awal Januari 2016.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Sumtaera Bagian Barat, Jumardi mengatakan, stasiun kereta api yang dibangun di BIM sudah bisa digunakan akhir tahun 2015. Awal tahun 2016, kereta api cepat sudah bisa beroperasi melayani penumpang.

“Kita targetkan 31 Desember 2015 stasiun sudah bisa dipakai dan awal tahun 2016 kereta api sudah beroperasi,” kata Jumardi ketika Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penyelenggaraan Perkeretaapian pada jalur Duku-BIM dan Grund Breaking pembangunan stasiun Kereta Api BIM, Kamis (13/8).

Pencanangan pembangunan stasiun kereta api BIM yang dimulai 2013, baru terlaksana dalam tahun ini. Tujuan pembangunan Kerjasama Penyelenggaraan Perkeretaapian pada jalur Duku-BIM dalam rangka mengintegrasikan pelayanan transportasi udara dengan darat.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, kereta api yang melayani ke bandara di Sumbar adalah yang kedua setelah di Kuala Namu, Sumatera Utara (Sumut).

Kereta api cepat berpenumpang 180 orang itu hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari stasiun kereta Api Simpang Haru ke BIM. Kereta api dimaksud sampai di Simpang haru pada bulan 2012. (Musthafa Ritonga)