Jokowi Lepas Burung Setelah Berburu Dari Pasar Pramuka

Jokowi Lepas Burung Setelah Berburu Dari Pasar Pramuka

359
0
BAGIKAN KE
Jokowi Lepas Burung Setelah Berburu Dari Pasar Pramuka

Jokowi Lepas Burung Setelah Berburu Dari Pasar Pramuka

JAKARTA – Berangkat dari keprihatinan semakin tipisnya populasi burung di perkotaan, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) kembali mengambil langkah nyata. Untuk kali kesekian, presiden ke-7 RI itu sengaja membeli ratusan burung hanya untuk dilepas lagi di alam bebas.
Sabtu siang (2/1), setelah menikmati santap siang di salah satu rumah makan di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Jokowi menyambangi pasar burung di Jalan Pramuka, Jakarta Timur. Didampingi ajudan dan beberapa anggota Paspampres, Jokowi menyusuri deretan kios yang ada di sana.
Tak butuh waktu lama, 190 ekor burung berbagai jenis dibeli pada kesempatan itu. Mulai jalak kebo, jalak nias, kapasan, puter, perkutut, kutilang sutra, hingga trucuk. Burung-burung itu kemudian diboyong ke Bogor
Kemarin (3/1) Jokowi melepas berbagai jenis burung tersebut di Kebun Raya Bogor yang berdampingan dengan Istana Bogor. ’’Agar ekosistem alam tetap terjaga dengan baik, terutama di kawasan perkotaan,’’ beber anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, menjelaskan maksud presiden.
Membeli burung kemudian melepasnya kembali itu bukan kali pertama dilakukan suami Iriana Jokowi tersebut. Setidaknya, pada Februari 2015, Jokowi melakukan hal yang sama. Tidak hanya di sekitar Istana Bogor, Jokowi juga melepas ratusan burung di Istana Merdeka.
Selain burung, Jokowi melepas ratusan kodok. Ada tiga karung kodok berjumlah sekitar 150 ekor yang dilepas Jokowi ke tiga kolam. Kolam tersebut berada di halaman depan kompleks Istana Bogor.
Saat melepas kodok itu, Jokowi mendapati seekor biawak terjebak di dalam sebuah kotak saringan air. Presiden lantas meminta seorang petugas perawat kolam tersebut melepaskan biawak itu ke dalam kolam.
Jokowi selama ini dikenal suka memelihara kodok. Saat pindahan dari rumah dinas gubernur DKI Jakarta ke Istana Negara Rabu (22/10/2014), Jokowi memboyong seluruh kodok peliharaannya. Jokowi saat itu memelihara kodok ijo dan kodok bangkong.
Pelepasan satwa tersebut dilakukan Jokowi setelah bersepeda dalam car free day di Kota Bogor, Jawa Barat. Kegiatan itu merupakan inisiatif pribadi yang tidak masuk dalam keprotokolan istana kepresidenan. (dyn/c17/agm/jawapos.com)