10 Makhluk Aneh Tertua di Dunia yang Masih Hidup Sampai Sekarang

10 Makhluk Aneh Tertua di Dunia yang Masih Hidup Sampai Sekarang

3510
0
BAGIKAN KE
10 Kesalahan Mitos Tentang Dinosaurus
10 Kesalahan Mitos Tentang Dinosaurus

10 Makhluk Makhluk Aneh Tertua di Dunia yang Masih Hidup

Makhluk Aneh – Semua hewan dan tumbuhan yang hidup hingga saat ini adalah makhluk-makhluk yang sudah berhasil hidup dan beradaptasi selama jutaan tahun lalu. Bahkan sampai sekarang pun, masih ada banyak hewan-hewan prasejarah yang masih hidup. Sebut saja contohnya paus atau komodo. Dua hewan Aneh  tersebut dipercaya hidup di era dinosaurus menguasai bumi.

Namun, terdapat 10 makhluk hidup lain yang berumur lebih tua dari dua hewan tersebut. Berikut ke sepuluh makhluk tua hingga yang paling tua berdasarkan hitungan urut mundur:

10. Semut Martialis Heureka (120 juta tahun)

Makhluk Aneh Tertua di Dunia
Makhluk Aneh Tertua di Dunia

Walaupun termasuk salah satu hewan aneh tertua di bumi, namun semut ini baru ditemukan oleh manusia modern pada tahun 2000 lalu di hutan hujan Amazon, dekat Manaus, Brasil.

Semut ini sempat menghebohkan peneliti karena tak ada matanya, alias buta.  Jenis semut yang tanpa mata dan memiliki warna cream ini merupakan keluarga baru dariMartialinae.

Begitu anehnya semut yang tiada duanya ini, maka dijuluki “Semut dari planet Mars” atau dalam bahasa latinnya Martialis heureka (“ant from Mars”) yang kemudian menjadi namanya.

Dan sangat mengagumkan, walau tanpa mata dan hanya dengan mengandalkan kedua sungut antenanya, turunan semut spesies hewan aneh ini dapat beradaptasi dan bisa bertahan hidup sejak lebih seratus juta tahun lamanya.

9. Ikan Sturgeon (200 juta tahun)

Makhluk Aneh Tertua di Dunia Sturgeon
Makhluk Aneh Tertua di Dunia

Ikan jenis Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan dalam keluargaAcipenseridae, termasuk genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus danPseudoscaphirhynchus.

Keluarga dari ikan bertulang tertua ini mempunyai habitat hidup di sungai, danau dan pantai sub-tropis, iklim sedang dan sub-arktik. Sturgeon dapat dijumpai di sekitar Amerika Utara.

Menurut para ahli, dulunya kemungkinan ikan ini memiliki tubuh yang besar, namun dikarenakan evolusi maka menyusut sampai dengan bentuk seperti sekarang.