Dunia Mikroskopis langka dan mengagumkan yang Jarang Diketahui

Dunia Mikroskopis langka dan mengagumkan yang Jarang Diketahui

1149
0
BAGIKAN KE
Dunia Mikroskopis langka dan mengagumkan yang Jarang Diketahui

Dari bakteri yang ‘tersenyum’ dan predator kecil yang ganas, hingga ‘mawar’ kristal yang mengagumkan dan tetesan gula berwarna-warni. Mari menjelajahi dunia mikroskopis yang mengungkap detail-detail yang mempesona!

150807102224_vert_earth_microscopic_images_12_624x351_a_nocredit
‘Tungau Perkasa’ – mikroskop pemindai elektron (SEM) menangkap gambar tungau predator ini. Tungau adalah jenis invertebrata yang paling beragam dan berjaya.

Melampaui kemampuan mata telanjang, ada dunia yang mengagumkan di sekeliling kita. Sayangnya, sangat jarang kita berkesempatan untuk melihatnya.

Namun, melalui teknologi masa kini, kita dapat memasuki dunia langka dan luar biasa sehingga kita bisa mengintip dan memperhatikan detail baru yang belum pernah terlihat dari dunia itu.

Berikut adalah beberapa pemenang dan nomonasi foto-foto dari Kompetisi Foto Ilmiah 2015, yang diselenggarakan oleh Royal Microscopical Society (RMS) di Inggris – yang dibuka tiap dua tahun sekali.

150807102147_vert_earth_microscopic_images_11_jaws_624x351_a_nocredit
‘Rahang’ – Foto ameba, Euglypha strigosa, yang diambil menggunakan SEM dengan warna rekayasa. Ameba ini membangun tempurungnya dengan piring dan duri silika yang disekresikan sendiri.

Juri kompetisi, Profesor Chris Hawes HonFRMS, mengatakan: “Ini cemerlang, melihat banyaknya foto yang masuk, bukan hanya memiliki spektrum mikroskopis yang luas tetapi juga datang dari penjuru dunia!”

“Sangat sulit untuk menjadi juri dalam kompetisi tahun ini, tetapi saya berbicara atas nama semua juri ketika saya mengatakan kami antusias untuk mempersembahkan gambar-gambar ini sebagai pemenang 2015.”

Pemenang diumumkan awal bulan ini di acara unggulan RMS, Microscience Microscopy Congress di Manchester, Inggris.

150807104342_vert_earth_microscopic_images_15_624x351_a_nocredit
Larva nyamuk phantom’ – Gambar ini menunjukkan larva nyamuk phantom yang diterangi oleh lampu polarisasi. Gambar ini dibuat dengan ‘menjahit’ 54 gambar dengan peranti lunak komputer.