Benarkah Kerajaan Shangrila Itu Ada?

Benarkah Kerajaan Shangrila Itu Ada?

1361
0
BAGIKAN KE
shangrila

Benarkah Kerajaan Shangrila Itu Ada? Mitos Atau Nyata Berikut Ulasanya.

Keberadaan kerajaan Shangrila saat ini masih misterius, beberapa arkeologi dan sejarawan memperkirakan kerajaan tersebut berada di Tibet, namun ada beberapa kejanggalan kalau Tibet adalah posisi kerajaan Shangrila, karena:

  1. Pada tahun 2011 penduduk Tibet sekitar 3 juta jiwa, itu berarti 500 tahun lalu penduduknya tidak mencapai 1 juta jiwa, sehingga jelas Tibet bukan merupakan pusat peradaban tetapi hanya merupakan tempat pelarian ketika kerajaan pusat Shangrila menutup peradabannya; yang menyebabkan masyarakat di negara yang menginduk ke Shangrila waktu itu (sekitar 500 tahun yang lalu) menjadi tidak ada perlindungan dan berbondong-bondong menyelamatkan diri ke daerah yang tinggi serta jauh dari peradaban awal (Shangrila).
  2. Tata cara para Biksu di Tibet sangat menunjukkan keadaan yang mencari ketentraman, ini berarti di sana bukan pusat kerajaan tetapi memang hanya sebagai tempat pelarian, karena kalau pusat kerajaan tentu bukan berada di tempat yang sepi dan terisolir. Tibet cenderung lebih cocok dikatakan tempat untuk orang menyepi.
  3. Bangunan-bangunan besar di Tibet bisa dihitung, jumlahnya sangat sedikit; sehingga sangat tidak mungkin untuk membuktikan dan menunjukan peninggalan sebuah peradaban yang sangat besar, bahkan lebih pas disebut menghilang. 

Beberapa kecurigaan tersebut membuat team Turangga Seta mulai mencari posisi asli dari kerajaan Shangrila.

Kerajaan Shangrila

Dalam mencari jejak kerajaan Shangrila maka langkah pertama adalah mengkaji cerita turuntemurun yang ada di Jawa dalam bentuk cerita ketoprak tentang kerajaan “Ngatas Angin” dari China. Kerajaan ngatas angin menunjukkan posisi kerajaan berada di daerah tinggi yang tidak pernah terkena angin besar karena berada di atas posisi lapisan angin, itu artinya kerajaan harus ada di posisi yang tidak pernah terjadi badai, sehingga posisi Shangrila tidak mungkin berada di Himalaya.

Kerajaan ShangrilaDari Satelit cuaca kita bisa melihat posisi daerah yang sering dilanda badai dan tidak pernah terkena badai, dari data satelit tersebut menunjukan bahwa posisi yang tidak pernah terkena badai adalah pegunungan di perbatasan China, Rusia, dan Mongolia

Kerajaan Shangrila

Pernyataan mantan Presiden Soekarno yang akan membuat segitiga mercusuar dunia sebagai petunjuk orang yang memahami sejarah Leluhur Nuswantara, dan dari pernyataan tersebut seharusnya menunjukan posisi kerajaan Shangrila ada di dekat perbatasan China dan Rusia.