Rossi Start Paling Belakang Lorenzo Pole Position

Rossi Start Paling Belakang Lorenzo Pole Position

266
0
BAGIKAN KE
Rossi Start Terakhir

Rossi Start Paling Belakang Lorenzo Pole Position

Inilah Mission Impossible yang harus dijalani legenda hidup MotoGP Valentino Rossi di Valencia hari ini.

Mengejar gelar juara dunia MotoGP dengan membalap dari posisi belakang. Sebaliknya, rivalnya, Jorge Lorenzo, memulai lomba dari posisi paling depan.

Rossi Start TerakhirAda 26 rider yang akan berlomba hari ini. Membayangkan jarak start antara keduanya saja sudah cukup untuk menggambarkan bahwa pertarungan keduanya seperti berada di dunia berbeda.

Lorenzo merebut pole position dengan memecahkan rekor lap tercepat Sirkuit Ricardo Tormo. Dia membukukan waktu 1 menit 30,011 detik. Rekor sebelumnya dicetak Marc Marquez dua tahun lalu dengan torehan 1 menit 30,237 detik.

”Ini adalah pole position terbaik sepanjang karirku,” ucap Lorenzo sebagaimana dilansir Motorsport. Posisi start terdepan, kata Lorenzo, sangat penting untuk menghindari masalah yang bisa terjadi saat start.

Pole tersebut menyempurnakan performa impresif Lorenzo sejak 1. Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha 2. Marc Marquez, Repsol Honda 3. Dani Pedrosa, Repsol Honda 4. Aleix Espargaro, Suzuki 5. Cal Crutchlow, LCR Honda sesi latihan pertama. Apalagi jaraknya dengan Marquez yang start di posisi kedua nyaris setengah detik, 0,488 detik. Semakin sempurna ketika pole tersebut adalah yang pertama diraih Lorenzo di Valencia.

Gambaran kontras justru terlihat pada performa Rossi. Tetap tampil di sesi kualifikasi berakhir tragis. Kehilangan kendali ban depannya, The Doctor mengalami kecelakaan di tikungan delapan. Tubuhnya terseret hingga ke gravel, meski sesaat kemudian mampu berdiri tanpa terluka.

” Temperatur trek terus meningkat sepanjang sore kemarin dan aku sulit mendapat cengkeraman roda,” ungkap Rossi.

Pada sesi kualifikasi, Rossi mengaku tidak merasa terbebani dan timnya memutuskan untuk men- 1 menit 30,011 detik +0,488 +0,505 +0,906 +0,937 coba setting- an baru. Namun, hasilnya malah lebih buruk. ”Jadi, kami memutuskan untuk kembali ke setting -an lama,” tandasnya.

Catatan waktunya sebelum kecelakaan adalah 1 menit 31,471 detik. Waktu paling lambat di antara 12 rider yang turun pada kualifikasi kedua. Pada sesi latihan, performa Rossi sebenarnya lumayan. Sempat menduduki posisi kedua pada sesi latihan ketiga. Selain itu, selisih waktunya dengan para rider tercepat lainnya tak sampai setengah detik.

Rossi sadar, finis podium di Valencia hari ini adalah mimpi di siang bolong. Dia memprediksi, finis terbaik yang bisa dicapainya adalah posisi keempat. Kan ada 7–8 rider yang bisa berebut posisi keempat, sama dengan Rossi. (cak/c5/ang/jawapos)