Gadai Tiga Bank ke Tiongkok, Kata EWI si Menteri Diduga Dapat Fee

Gadai Tiga Bank ke Tiongkok, Kata EWI si Menteri Diduga Dapat Fee

236
0
BAGIKAN KE
Rupiah Gadai Tiga Bank ke Tiongkok
Rupiah Menguat Di Akhir Pekan

Gadai Tiga Bank ke Tiongkok

Gadai Tiga Bank ke Tiongkok. Keputusan Meneg BUMN Rini Soemarno ‘memaksa’ tiga bank  BUMN, PT BRI, PT Bank Mandiri dan PT BNI berutang ke  Bank Pembangunan China (China Development Bank/CBD) senilai  USD 3 miliar atau sekitar Rp42 triliun memicu protes sejumlah kalangan.

Energy Watch Indonesia (EWI) kedengaran geram dengan sepak terjang Meneg BUMN. Direktur EWI Ferdinand Hutahaean langsung mengatakan Rini menggadaikan tiga bank pemerintah ke Tiongkok “Kami sarankan segera merespon gelisahan publik atas utang baru tersebut. Ini nilainya tidak kecil,” kata dia, Selasa (22/9).

Menurut Ferdinand, sudah pasti sebagian publik sangat resah dengan pinjamaan baru ini, apalagi dilakukan tidak transparan.

“Kok  tiba-tiba sudah ditanda tangan. Itu harus dijelaskan ke publik atas syarat dan kondisi dari pinjaman tersebut, syarat tertulis dan tidak tertulis. Sebab publik yang menempatkan uangnya di tiga bank tersebut juga berhak tahu,” tegasnya.

Ia menyesalkan keputusan Menteri Rini yang berani memberi pintu masuk ke bank swasta asing. Lama-lama kata Ferdinand, orang akan kaitkan dengan proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang mati-matian dukung orang dekat Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri  dan rencana Garuda berutang ke Tiongkok 

“Kita jadi curiga kenapa ngotot sekali menambah hutang, bukankah hutang yang semakin besar tidak aman bagi negara?” ketus Ferdinand.

“Jangan-jangan benar kata orang, sales kartu kredit aja dapat fee, sales kredit tanpa agunan dapat fee, masa sales utang raksasa tidak dapat fee?” timpalnya. (hyt/tny/jpg)

(sumber:http://jawapos.com/read/2015/09/22/4546/gadai-tiga-bank-ke-tiongkok-kata-ewi-si-menteri-diduga-dapat-fee-/1)

NO COMMENTS