Benarkah Politik PAN akan di ikuti Pendukung Oposisi Lainya?

Benarkah Politik PAN akan di ikuti Pendukung Oposisi Lainya?

211
1
BAGIKAN KE

Politik PAN

Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia, LSI, Dodi Ambardi, mengatakan, dukungan partai-partai Koalisi Merah Putih kepada pemerintahan Jokowi sangat mungkin terjadi walaupun ini sangat tergantung kompensasi jabatan yang ditawarkan oleh Presiden Jokowi.

“Tidak akan segera, itu sangat tergantung dari kata kunci yang saya sebut “insentif”,” kata Dodi Ambardi kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Rabu (02/09) sore.

Menurutnya, kompensasi itu bukan semata berupa jabatan kursi menteri di dalam kabinet, tetapi bisa juga itu jabatan di daerah atau BUMN.

Nggak selalu kursi menteri. Itu bisa di level daerah, di level BUMN atau bahkan di DPR,” ujar Dodi menganalisa.

Politik Pan pemilu 2019
ilustrasi: pemilu 2019

Strategi Pemilu 2019

Dan lebih dari itu, lanjutnya, peluang perubahan politik partai-partai pendukung Koalisi Merah-Putih itu sangat tergantung pada hitung-hitungan politik terkait pemilu 2019.

“Lebih banyak menguntungkan masuk ke dalam (pemerintahan) atau tetap berada di luar. Kalau prestasi Jokowi buruk, saya kira mereka juga akan berpikir. Dan itu menguntungkan di luar (pemerintahan), kalau prestasi Jokowi tidak kunjung membaik,” papar Dodi.

Dodi menganggap pragmatisme politik seperti ini menunjukkan bahwa politik ideologi tidak lagi relevan setelah Pemilu presiden 2014 berakhir.

“Ini sebetulnya sebuah normalitas politik Indonesia. Begitu selesai pemilu, ideologi sudah tidak relevan. Ideologi itu berguna sebelum pemilu untuk mendapatkan suara,” jelasnya.

Komentar Koalisi Merah-Putih

Dukungan politik Partai Amanat Nasional, PAN kepada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan dalam jumpa pers mendadak di Istana Negara, pada Rabu (02/09) siang.

Ketua umum PAN, Zulkifli Hasan, yang didampingi dua pimpinan PAN lainnya, mengatakan dukungan ini tidak dilatari kepentingan untuk mendapatkan jabatan kursi menteri di pemerintahan.

“Sama-sekali kita tidak bicara apakah kabinet dan seterusnya,” kata Zulkifli dalam jumpa pers di Istana Negara setelah Presiden memberikan keterangan.

Dalam Pemilu Presiden 2014 lalu, PAN bergabung dengan Koalisi Merah Putih yang mendukung pencalonan Prabowo Subianto sebagai presiden.

Politisi Partai Golkar, Ali Muchtar Ngabalin mengatakan, perubahan politik PAN tidak akan mengurangi kekuatan Koalisi Merah Putih di parlemen.

“Di parlemen, tidak ada kekuatan (Koalisi Merah Putih) yang berkurang. Di parlemen, kita tetap menjalankan fungsi kontrol,” kata Ali Muchtar kepada BBC Indonesia.

Dia juga menambahkan, bahwa partai-partai pendukung Prabowo Subianto tidak akan mengikuti langkah PAN.

“Kami berulangkali mengatakan, kami ada di luar dan tetap mengawasi jalannya kinerja pemerintah,” ujarnya.

sumber:(bbc News)

  • Hello there! Do you know if they make any plugins
    to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank ffor
    some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of anyy please share. Many thanks!