Lagi-lagi Gempa Chile 8,3 SR 5 meninggal 1 juta Mengungsi

Lagi-lagi Gempa Chile 8,3 SR 5 meninggal 1 juta Mengungsi

367
0
BAGIKAN KE
gempa chile

Gempa Chile 8,3 SR 5 meninggal 1 juta Mengungsi

Gempa Chile Badan Survei Geologi AS awalnya menyebut, Gempa Chile memiliki kekuatan 7,9 SR. Namun, kemudian, USGS merevisinya menjadi 8,3 SR. Sementara, Pemerintah Chile menyebut, gempa berkekuatan 8,4 SR.

Peringatan tsunami dikeluarkan menyusul terjadinya Gempa Chile dengan kekuatan 8,3 skala Richter yang mengguncang Santiago, Chile.  Getaran gempa bahkan dirasakan hingga Buenos Aires, Argentina.

Gempa Chile susulan juga masih terjadi, ketika alarm peringatan tsunami terdengar di Pelabuhan Valparaiso. Aparat meminta warga menjauhi bibir pantai.

Laman CNN memberitakan korban jiwa mencapai 5 orang. “Gempa Chile menewaskan sedikitnya 5 orang dan memicu peringatan tsunami hingga California,” kata Director Badan Layanan Darurat Chile, Ricardo Toro.

“10 lainnya luka-luka,” kata pihak berwenang seperti dikutip dari News.com.au Kamis (17/9/2015).

Laman Channel News Asia menyebut jumlah korban tewas ada 3 orang. “Korban jiwa termasuk seorang wanita akibat tertimpa atap dan yang kedua terkena batu yang terbawa angin,” kata Presiden Chile, Michelle Bachelet.

Ricardo Toro mengungkapkan, sekitar 1 juta orang juga diungsikan dari daerah yang terkena dampak.

Gempa Chile
Sejumlah orang berusaha menyelamatkan diri usai gempa 8,3 SR yang mengguncang di Santiago, Chile, Rabu (16/9). Menurut laporan dari otoritas setempat, gempa itu berpotensi memicu tsunami yang akan melanda Chile dan Peru. (REUTERS/Rodrigo Garrido)

Empat gempa susulan berkekuatan di atas 6 SR dan tremor juga mengguncang wilayah tersebut. Chile memang rawan gempa. Sebelumnya, gempa  besar dan tsunami menewaskan ratusan orang pada 2010 dan meratakan sebagian Kota Concepcion.

Warga Santiago, Jorge Medina mengatakan ia berada di kelas aerobik ketika gempa melanda. “Orang-orang mulai berteriak dan semua benda bergoyang,” katanya.

Pacific Tsunami Warning Center atau Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC) mengatakan bahwa gelombang tsunami telah teramati, dengan tinggi gelombang 3 meter di atas permukaan air pasang di sepanjang pantai Chile.

PTWC juga mengatakan bahwa gelombang tsunami, dengan ketingguan1-3 meter, diperkirakan bisa menerjang sepanjang Polinesia Prancis.

Departemen Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat di Selandia Baru mengeluarkan peringatan tsunami untuk East Cape, Kepulauan Chatham, Coromandel dan Banks Peninsula. Pusat Peringatan Tsunami Australia mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke daratan Negeri Kanguru dan pulau-pulau sekitar pada pukul 09.29.

gempa chile
Warga melihat samudera Pasifik di Cerro Baron Hill, Valparaiso, Chile. (Reuters)

NO COMMENTS