Saham Cina Terus Naik 9 Hari Terakhir

Saham Cina Terus Naik 9 Hari Terakhir

173
0
BAGIKAN KE
Saham Cina Terus Naik 9 Hari Terakhir
Saham Cina Terus Naik 9 Hari Terakhir

Saham Cina Terus Naik 9 Hari Terakhir

Saham Cina melonjak setelah bank sentral menetapkan panduan yuan yang lebih tinggi untuk pertama kalinya dalam sembilan hari.
Regulator juga menghentikan aturan ” pemotong sirkuit” pada Kamis (07/01) malam setelah mekanisme tersebut terpasang dua kali dalam sepekan, sehingga menyebabkan penutupan lebih awal.
Pelemahan yuan dari bank sentral menyebabkan kekhawatiran bahwa ekonomi Cina akan melambat lebih jauh dari yang diperkirakan.
Wilayah Asia lainnya pulih dari kerugian setelah kejatuhan dramatis saham-saham Cina yang menyebabkan penjualan saham besar-besaran dunia.
Pada Jumat (08/01), Shanghai Composite naik 1,8% menjadi 3.184,25 seiring kepercayaan investor tumbuh.
Adapun Nikkei Jepang yang menjadi ukuran naik 0,7% ke 17.908,84 di tengah kekhawatiran mendalam akan perlambatan yang diprediksi dalam ekonomi Cina.
Saham Australia turun 0,5% dengan indeks S&P/ASX 200 di poin 4.985,20.
Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,3% ke 1.910,16. Saham Samsung Electronics naik 1,7% meski keuntungan raksasa teknologi tersebut untuk kuartal keempat meleset dari harapan pasar.
Sehari sebelumnya, bank sentral Cina terus melemahkan yuan selama delapan sesi berturutan, sehingga memunculkan kekhawatiran perang mata uang di kawasan tersebut. Yuan yang lebih lemah menyebabkan perusahaan Cina semakin murah dalam mengekspor barang, sehingga mendorong ekonomi.
Pada hari itu pula perdagangan di Shanghai dan Shenzhen ditutup dalam 30 menit pertama, sehingga inilah hari terpendek perdagangan saham di Cina dalam 25 tahun sejarah keberadaan pasar saham Cina.(bbc.com)