SBY lemparkan Isu Kudeta Militer Jokowi

SBY lemparkan Isu Kudeta Militer Jokowi

468
0
BAGIKAN KE
SBY lemparkan Isu Kudeta Militer Jokowi

SBY lemparkan Isu Kudeta Militer Jokowi

Tiba-tiba saja, Presiden Ke-enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melontarkan pernyataan kudeta militer terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). SBY menegaskan, kalau isu itu benar ia dengan tegas mengecamnya dan siap pasang badan. Karuan saja kalangan wakil rakyat dan pengamat militer mendesak Ketua Umum Partai Demokrat itu mengklarifikasi siapa dan kelompok mana yang mau mengkudeta Jokowi.

Pada acara bedah buku di Kantor Centre for Strategic and International Studies (CSIS), di Jakarta, Senin (29/9/2015),‎ secara mendadak SBY melemparkan isu kudeta militer terhadap Presiden Jokowi. SBY menegaskan, kalau isu itu benar ia dengan tegas mengecamnya dan siap pasang badan.

‎Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori mengaku belum melihat ada isu ke arah sana. “Bapak SBY harus klarifikasi isu itu, siapa yang mau kudeta?” sebut Syaiful di gedung DPR, Selasa (29/9/2015).

Syaiful menjelaskan, sepengetahuannya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo siap menjamin Pemerintahan Jokowi-JK selama lima tahun.

Selain itu, tambah Syaiful, Presiden Jokowi juga dalam periode kepemimpinannya‎ saat ini, menginginkan TNI yang kuat dan profesional. “Jadi, saya kira isu itu jauh dari kebenaran,” ujar Syaiful yang juga Sekretaris Dewan Syuro PKB.

Seperti sedang tidak main-main, SBY menegaskan dirinya yang merupakan pensiunan TNI siap berseberangan melawan pihak-pihak yang prokudeta.

Dalam kesempatan itu, SBY juga menyarankan agar pimpinan TNI bisa menyampaikan pendapat ke presiden sesuai mekanisme yang ada.

Kudeta bukan cara elok dalam demokrasi. Ada mekanisme, presiden punya ruang komunikasi dengan panglima dan Kapolri. Sampaikan dengan jelas. Kalau kudeta, demokrasi kita akan tercoreng,” demikian SBY.

Kalangan pengamat intelijen dan politik menilai pernyataan SBY bahwa saat ini terdapat kudeta militer terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi‎ tidak mudah dan masih jauh. Sebab, saat ini TNI/Polri sangat solid mendukung berbagai kebijakan pemerintahan Jokowi. Selain itu, peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini tidak mudah militer mengkudeta Presiden.