Jokowi Kesulitan Atasi Asap Minta Bantuan 4 Negara

Jokowi Kesulitan Atasi Asap Minta Bantuan 4 Negara

328
0
BAGIKAN KE

Jokowi Kesulitan Atasi Asap Minta Bantuan 4 Negara

Presiden mengatakan bahwa dia sudah meminta Singapura, Rusia, Malaysia, dan Jepang untuk membantu memadamkan api di hutan dan lahan yang menyebabkan kabut asap yang mendera warga Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

“Kita kemarin sudah minta bantuan dan dibantu oleh Singapura masih dalam proses, Rusia dan Malaysia, kemudian Jepang. Kita harapkan nanti bisa mempercepat penanganan karena memang menangani kebakaran lahan gambut berbeda dengan menangani kebakaran hutan biasa. Sangat berbeda sekali,” kata Jokowi pada wartawan di Jakarta, Kamis (8/10).

Jokowi Tak Mampu Atasi Asap Minta Bantuan 4 Negara

Presiden juga menginstruksikan pada Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan bantuan kepada masyarakat di daerah bencana asap, dan pada Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise agar memperhatikan anak-anak di daerah bencana asap. “Jangan sampai anak-anak di daerah bencana asap mengalami trauma,” ujar Presiden lewat akun Twitter resmi Sekretariat Kabinet.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah tiga kali menolak tawaran dari Singapura untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan karena paket bantuan yang diajukan tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Indonesia sebenarnya membutuhkan pesawat pembom air atau pesawat amfibi tipe Beriev Be-200 buatan Rusia atau CL-215 buatan Canadair.

Berdasarkan data BNPB per Senin (5/10) sore, sudah ada 28,06 juta penduduk Indonesia yang terpapar kabut asap.

(sumber:bbc)