Berita Terbaru Aceh Singkil Sudah Kondusif 5000 Pengungsi Kembali Kerumah

Berita Terbaru Aceh Singkil Sudah Kondusif 5000 Pengungsi Kembali Kerumah

278
0
BAGIKAN KE
Aceh Singkil Sudah Kondusif

Aceh Singkil Sudah Kondusif 5000 Pengungsi Kembali Kerumah

Aceh Singkil Sudah Kondusif. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan suasana di Kabupaten Aceh Singkil, Nangroe Aceh Darussalam berangsur kondusif. Dari laporan yang diterimanya hari ini (16/10), suasana sudah bisa dikendalikan.

“Kondusif ya. Semua wilayah terkendali dan semakin baik,” ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/10).

Menurutnya, ada sekitar 5000 warga Aceh Singkil yang mengungsi ke daerah lain di Sumatera Utara. Hal itu dipicu ketakutan warga atas kondisi yang diperkirakan akan berlanjut.

Namun, lanjutnya, aparat Polri dan TNI mampu mengembalikan keadaan. Selain itu, pemerintah daerah juga terus membantu menciptakan suasana agar semakinĀ  kondusif.

Karenanya, dia berharap agar para pengungsi itu segera kembali ke daerahnya. “Kita harap dalam beberapa hari ke depan semua sudah kembali ke tempatnya masing-masing,” tukasnya.

Terpisah, Mabes Polri juga terus memantau pemulangan warga dari pengungsian. Untuk mengawal para pengungsi pulang, Polri juga mendapat back up dari TNI.

“Kalau mereka (pengungsi) ragu-ragu, aparat keamanan, Polri dan TNI siap mengawal sampai ke tempatnya,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Suharsono, Jakarta, Jumat (16/10).

Suharsono memastikan penjemputan dan pengawalan warga dari lokasi pengungsian berjalan lancar dan aman. Bahkan warga yang sempat diamankan aparat juga diantar pulang dan dijamin keamanannya. “Seperti dari 47 orang (yang diamankan) kemarin, yang tidak ada kaitannya diantar pulang dengan pengamanan,” ujarnya.

Sejauh ini, jumlah tersangka kasus itu masih tiga orang . “Tersangka masih tetap, tiga yang ditahan,” tukas perwira menengah itu.(dna/elf/JPG)(jawapos.com)