Diprediksi Rupiah akan Tembus Sampai Level 25.000

Diprediksi Rupiah akan Tembus Sampai Level 25.000

142
0
BAGIKAN KE
rupiah melemah

Jakarta – Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiatmadja berkeyakinan rupiah tidak akan melemah hingga level 25.000. Dia pun menilai daya tahan ekonomi dan perbankan Indonesia saat ini cukup baik.

“Kalau orang Singapura yang bicara, ada kepentingan kalau masyarakat kita khawatir, maka dananya akan diparkir di sana,” terang dia.

Sebelumnya, di sela seminar bertajuk Indonesia Financial and Economic Conference, Kamis (28/5), Lee Boon Keng menyatakan, level nilai tukar yang dipatok dalam stress test seharusnya bisa dinaikkan hingga Rp 25.000 karena Rp 15.000 –seperti yang saat ini berlaku– tidak cukup menggambarkan kesiapan sistem keuangan Indonesia dalam menghadapi krisis.

Jahja pun menilai stress test yang telah dilakukan OJK dan BI hingga level Rp 15.000 per dolar sudah lebih cukup untuk menggambarkan daya tahan perekonomian maupun stabilitas keuangan Indonesia saat ini.

Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Parwati Surjaudaja juga menilai, stress testpelemahan rupiah hingga level Rp 25.000 terlalu ekstrem.

Menurut dia, stabilitas pada industri keuangan, khususnya perbankan, relatif terjaga seperti terlihat dari posisi CAR perbankan yang kuat maupun tingkat NPL yang masih relatif terjaga serta pengawasan otoritas yang ketat.

“Saya rasa terlalu ekstrem kalau di level tersebut, karena fundamental ekonomi Indonesia tidak seburuk itu seharusnya,” terang dia.

Berdasarkan hasil stress test yang dilakukan OJK beberapa waktu lalu, pelemahan nilai tukar rupiah hingga level Rp 15.000 per dolar AS akan menghantam lima bank nasional yang modalnya kecil. Sedangkan jika rupiah di level Rp 14.000 per dolar AS, bank-bank di Indonesia masih stabil. Variabel yang digunakan dalam stress test tersebut yakni pertumbuhan ekonomi, kredit macet, utang valas, dan efek lanjutan lainnya.

sumber:beritasatu.com